Monday, 18 Jun 2018

Pembangunan Jembatan Tol Kali Kutho Ramai Jadi Tontonan Warga

TERASJATENG.COM | Kendal — Pembangunan proyek Jembatan Tol Kali Kutho, Batang-Kendal mendadak ramai jadi tontonan warga. Hampir setiap hari pukul 05.30 pagi, puluhan warga tampak berkerumun memadati lokasi pengerjaan jembatan yang konon akan menjadi ikon nasional tersebut.

Proyek yang ditargetkan akan selesai H-2 tersebut, saat ini, Rabu (6/6/2018) tengah masuk persiapan beton lantai. Sementara plengkung baja jembatan barat dan timur sudah tersambung sejak Selasa (5/6) lalu.

Selain menyaksikan aktivitas para pekerja, warga terlihat tengah asyik berfoto sambil menampakkan konstruksi jembatan. Bentuk jembatan ini memang unik dan baru pertama kali di Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya beberapa waktu lalu terang mengatakan Jembatan Kali Kutho akan menjadi tengara (land mark) dari Jalan Tol Batang-Semarang.

“Kami rancang bagus. Tak hanya kokoh secara struktur, melainkan juga estetik, artistik, indah dilihat,” kata Basuki dalam Kompas.com, Minggu (3/6).

Jembatan dengan lebar 100 m tersebut merupakan jembatan plengkung baja tiga dimensi. “Jadi ini yang pertama, ini yang menjadi ciri khas Jembatan Kali Kutho ini,” imbuh Basuki.

Usai pernyataan Menteri PUPR tersebut ramai disiarkan berbagai media, ternyata memicu penasaran warga untuk mengunjungi lokasi proyek.

Security PT Waskita, Teguh mengatakan hampir tiap pagi banyak warga mendatangi lokasi proyek. “Kalo hari libur lebih rame,” pungkasnya pada tim terasjateng.com.

Sementara itu, salah satu warga, Maskur mengaku dirinya tak menyangka Jembatan Tol Kali Kutho akan menjadi ikon nasional. “Nggak mengira (bentuk jembatannya, red) seperti ini, bagus, nggak sama dengan biasanya,” pungkasnya kagum. (RK/TJ)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *