Monday, 18 Jun 2018

Jutaan DPT Pilkada Jateng Bermasalah

Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng, Sudirman Said – Ida Fauziyah mengklaim menemukan 3juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah dalam pilkada Jateng tahun ini. Hal ini di sampaikan oleh juru bicara Tim Pemenangan, Sriyanto saat konferensi pers di posko relawan Perjuangan Merah Putih di jalan Pamularsih no 95 Semarang.

Menurut Sriyanto, temuan DPT bermasalah tersebut setidaknya tersebar di 23 Kota dan Kabupaten di Jateng. Dari daerah-daerah tersebut telah ditemukan DPT ganda sebanyak 366.032 dan DPT invalid sebanyak 2.674.344. DPT invalid diantaranya nama tidak ditemukan, sudah meninggal dunia, maupun no KK tidak sesuai dengan kode Jawa Tengah.

Sehingga total DPT bermasalah yang ditemukan tim pemenangan Sudirman Said – Ida Fauziyah sebanyak 3.040.376. “DPT bermasalah kami temukan di Sistem Daftar Pemilih dan telah kami croscek dilapangan, ada berita acaranya bukan kami buat-buat” terang Sriyanto dihadapan awak media.

Saat ini tim pemenangan Sudirman Said Ida Fauziyah telah melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu Jateng. Jika temuan-temuan ini tidak segera ditindak lanjuti oleh Bawaslu Sriyanto akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemiliu (DKPP). “Temuan-temuan ini telah kami laporkan ke Bawaslu tanggal 8 (juni) kemarin, jika tidak ditindak lanjuti akan kami teruskan ke DKPP” terang Sriyanto.

Sementara itu ketua Relawan Perjuangan Merah Putih Ali Khamdi menyayangkan adanya DPT yang bermasalah. Menurutnya, DPT bermasalah dapat berpotensi merusak proses demokrasi dan memicu adanya kecurangan. “DPT bermasalah ini jelas kami sesalkan, dan berpotensi besar terjadi kecurangan” terang Ali kepada Terasjateng.

(Sby/Tj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *