Home Berita 11 Tempat Wisata Menarik untuk Mengisi Lebaran

11 Tempat Wisata Menarik untuk Mengisi Lebaran

39
0
Candi Borobudur terletak di Magelang Jawa tengah (Pict-Google)

Terasjateng, Semarang, – Lebaran tentu menjadi hari yang istimewa bagi kita semua. Berkunjung ketempat wisata menjadi sesuatu yang wajib dilakukan saat semua keluarga berkumpul. Saat libur lebaran hampir semua tempat wisata ramai dikunjungi wisatawan. Berikut 11 tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang patut anda kunjungi saat libur lebaran.

  1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu terkenal dengan panoramanya yang menawan dan ombaknya yang tinggi. Aktivitas di pantai ini biasanya adalah bermain bola, berenang, atau melakukan watersport. Pantai ini memiliki fasilitas lengkap untuk membuat pengunjungnya nyaman, di antaranya gazebo, toilet, tempat ibadah, kolam pemancingan, dan perahu untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB dengan biaya masuk Rp5.000 per orang.

 

  1. Baturaden

Terletak di salah satu sisi lereng Gunung Slamet, Baturaden merupakan area wisata alam dengan suasana sangat sejuk dan asri. Di tempat ini, Anda tidak hanya dapat menyegarkan pikiran dan berjalan kaki melewati area hijau, tetapi juga mengunjungi beberapa tempat wisata.

 

  1. Dieng

Dataran tinggi Dieng termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dataran tinggi ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda libur lebaran di Jawa Tengah. Di Dataran Tinggi Dieng anda dapat menikmati suasana alam yang masih sangat asri dan segar, selain itu anda juga akan dimanjakan dengan candi-candi yang exsotik

 

  1. Borobudur

Sering dimasukkan dalam paket wisata Yogyakarta, Candi Borobudur sebenarnya terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Buddha terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Diperkirakan selesai dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra, candi ini memiliki 1 stupa utama di puncak, 72 stupa yang mengelilinginya, dan 504 arca. Candi dengan luas bangunan 15.129 m2 ini bukan hanya wisata sejarah, tetapi juga menunjukkan kemegahan arsitektur Indonesia zaman dulu. Candi ini juga merupakan tempat penting bagi penganut Buddha.

 

  1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas alami ini berada di kaki Gunung Slamet dan memiliki luas 210 ha. Anda dapat berenang di kolam air panas atau relaksasi otot di sepuluh pancuran yang ada di sana. Menurut mitos, air pancuran ini dapat menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Selain untuk mandi, Anda dapat menikmati panorama kaki Gunung Slamet, bermain tenis atau sepak bola, atau berkemah. Anda dapat berkeliling tempat wisata ini dengan naik kuda. Untuk menginap, tersedia hotel di tempat wisata ini.

 

  1. Umbul Ponggok

Ada yang unik dari snorkeling di Umbul Ponggok ini. Bukannya di laut, Anda akan melakukan snorkeling di sumber air alami dengan ukuran 50 x 25 m. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, Umbul Ponggok bukanlah kolam renang buatan. Lantainya berupa pasir alami, airnya jernih, dan ada ribuan ikan berwarna-warni. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berfoto di bawah air atau sekadar latihan sebelum snorkeling di lautan lepas.

 

 

  1. Lawang Sewu

Gedung tua peninggalan Belanda ini disebut Lawang Sewu yang berarti “pintu seribu” karena memang memiliki banyak pintu. Gedung yang dibangun tahun 1904 ini menjadi saksi sejarah pertempuran Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang. Lawang Sewu menjadi tujuan wajib wisatawan di Semarang dan sering digunakan untuk foto pranikah. Uniknya, gedung ini juga dipercaya banyak dihuni makhluk halus karena ada banyak orang yang meninggal di sana semasa penjajahan

 

  1. Pantai Cahaya The Sea

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Wisata The Sea Pantai Cahaya merupakan pantai yang pendek. Tidak seperti pada pantai pada umumnya yang memiliki garis pantai yang panjang, Wisata The Sea Pantai Cahaya hanya berupa cekungan yang kecil. Secara umum memang hal yang ditonjolkan dari Wisata The Sea Pantai Cahaya bukanlah keindahan pantainya, namun lebih karena fasilitas yang dibangun di area Wisata The Sea Pantai Cahaya ini. Saat lebaran pengelola wisata ini selalu menyuguhkan hiburan seperti musik dan lain sebagainya.

 

  1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang ada di area Hutan Wisata Grojogan Sewu, di lereng Gunung Lawu bagian Kabupaten Karanganyar. Air terjun ini memiliki ketinggian 81 m dan berada di area sejuk dan asri. Dekat air terjun ini terdapat taman binatang, fasilitas mini rafting, flying fox, kios buah, dan penjual cendera mata. Anda juga dapat mencicipi sate kelinci di tempat wisata ini.

 

  1. Candi Cetho

Menurut catatan sejarah, candi ini diperkirakan berdiri sekitar abad 14. Hal ini didasarkan dari adanya sengkalan angka tahun yang terpahat pada gapura teras VII yang berbunyi goh wiku hanahut iku (1397 Saka/1475 Masehi). Yang membuat candi ini unik adalah seni bangunan yang berteras seperti pundek berundak dengan susunan 13 teras meninggu ke arah puncak. Selain itu, bentuk arca-arcanya masih sanagt sederhana dan belum menunjukkan ciri kedewaan. Candi Cetho memiliki ukuran panjang 190 m dan lebar 30 m serta berada di ketinggian 1496 mdpl. Tak heran, bila Candi Cetho disebut sebagai warisan leluhur di lereng barat Gunung Lawu.

 

  1. Jepara Ourland Park

JOP adalah taman wisata terpadu satu-satunya di Jawa Tengah yang termegah, di atas lahan 11Ha pinggir Pantai Mororejo Jepara dengan konsep Timur Tengah, India dan Eropa. Siapapun yang berkunjung di Jepara Ourland park akan merasakan sensasi yang tidak ada duanya dimanapun. “Sport, Education, Entertaiment, Relaxation, Game” terdapat di Jepara Ocean Park. Meskipun Jepara Ourland Park berada di pesisir kawasan pantai Mororejo tidak membuat suasana disana gersang. Sebab di setiap sudut arena wisata memiliki taman dan pepohonan hijau yang membuat suasana sejuk dan rindang. Ada yang unik dengan bangunan wahana wisata air ini, yaitu menyerupai kubah masjid berwarna-warni. Jika yang belum tahu pasti kubah cantik yang terlihat dari jauh itu adalah kubah masjid yang megah.

(SBY/TJ-Pict Google)

Candi Borobudur terletak di Magelang Jawa tengah (Pict-Google)

 

Facebook Comments