Home Internasional Jepang Satu-Satunya Wakil Asia di Piala Dunia

Jepang Satu-Satunya Wakil Asia di Piala Dunia

17
0

TERASJATENG.COM-Pagelaran piala dunia 2018 di Rusia menorehkan rekor baru bagi Asia yang mengirimkan 5 negara perwakilannya. Sejak piala dunia 1998, hanya 4 negara asia yang ikut kontestasi karena hasil minor di babak play-of lintas benua. Lima negara yang berhasil ikut piala dunia 2018 adalah Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia dan Iran.

Namun demikian semuanya tumbang dibabak penyisihan, kecuali Jepang. Walaupun dipertandingan terakhir Jepang kalah 0:1 dari Polandia sehingga memperoleh poin dan jumlah gol yang sama dengan Senegal, Jepang lolos secara dramatis berkat perhitungan fair play karena mengoleksi kartu kuning lebih sedikit dari Senegal. Sejauh ini Jepang hanya mengoleksi empat kartu kuning, sedangkan Senegal mengoleksi enam kartu kuning.

Walaupun terlihat faktor keberuntungan bisa lolos di 16 besar piala dunia 2018, Jepang adalah tim yang selalu konsisten, terbukti mereka enam kali ikut piala dunia sejak 1998. Yang mengejutkan dalam perjalanan Jepang di piala dunia 2018 adalah federasi sepak bola Jepang (JFA) memecat pelatihnya Vahid Halihodzic yang telah mengantarkan Jepang lolos ke Piala Dunia pada saat masa persiapan. Sebagai penggantinya JFA pun menunjuk Akira Nishino.

Pengalaman Jepang yang menempati dasar klasemen di piala dunia 2014 di Brazil menjadi semangat tersendiri untuk bisa lolos di babak penyisihan piala dunia tahun ini. Dengan mengandalkan pemain liga eropa Maya Yoshida, Kagawa dan Honda, pelatih Akira Nishino berharap Jepang bisa lolos di babak berikutnya dan Jepang bisa membuktikan itu sebagai satu-satunya negara Asia yang bisa lolos di babak 16 besar. (KK/TJ)

Facebook Comments