Home Berita Pelaku Ekonomi Kreatif Akan Difasilitasi

Pelaku Ekonomi Kreatif Akan Difasilitasi

4
0

TERASJATENG.COM | Kendal — Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan mendukung terfasilitasinya pelaku ekonomi kreatif, baik dari akses permodalan, akses pemasaran maupun infrastruktur.

Hal itu disampaikan Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Bekraf, Dr. Ir. Wawan Rusiaran, M.M dalam acara Workshop Sosialisasi Aplikasi BISMA atau Bekraf Information System on Mobile Application di Hotel Sae Inn Kendal, Selasa (3/7).

Wawan menyayangkan ada banyak pelaku bisnis kreatif yang hingga saat ini belum terdata. Ia berharap pelaku bisnis kreatif bisa memasukkan data usahanya melalui aplikasi BISMA.

Sensus ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, di Jawa Tengah ada sekitar 1,4 juta pelaku ekonomi kreatif. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 1.300 saja yang sudah terdaftar di aplikasi BISMA. Sementara di Kabupaten Kendal, baru 23 orang.

“Data bisa masuk ke data base kami, supaya bila membutuhkan dukungan dari ekonomi kreatif bisa terfasilitasi, misalnya untuk akses permodalan, akses pemasaran, infrastruktur, ruang kreatif dan peralatan”, tegas Wawan.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Kendal, Sutiyono, S.Sos menyampaikan kendala-kendala yang menjadi pengganjal perkembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Kendal.

“Di Kabupaten Kendal terdapat 3500 lebih pelaku UKM, namun sumberdaya manusianya masih sangat terbatas, apalagi segi permodalan, maka kami perlu dukungan dari para pakar untuk mengembangkan ekonomi kreatif”, tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kendal, dr. Mirna Annisa menganjurkan dalam mendukung pelaku ekonomi kreatif ini diperlukan kesinergian antar dinas serta lembaga-lembaga lain, baik eksekutif maupun legislatif.

Dalam acara yang juga dihadiri Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Drs. H. A. Mujib Rohmat, MH tersebut, disampaikan pengenalan tentang aplikasi BISMA, cara mendaftar dan keuntungannya. Selain itu, peserta kegiatan yang terdiri dari para pelaku usaha ekonomi kreatif Kabupaten Kendal, diajari cara mengambil foto produk menggunakan kamera HP, agar hasilnya bagus ketika diposting di media sosial. (RK/TJ)

Facebook Comments