Home Jawa Tengah Kota Lama Semarang Bersolek

Kota Lama Semarang Bersolek

49
0

TERASJATENG.COM | SEMARANG – Siapa yang tidak mengenal Kota Lama Semarang, meskipun masih banyak yang sering keliru menyebutnya dengan nama Kota Tua. Kota Lama menjadi salah satu ikon dari kota semarang yang sedang diusulkan menjadi kota pusaka warisan budaya dunia. Kota Lama terkenal dengan bagungan-bangunan tua berarsitektur ala Belanda dan sering dijuluki sebagai Little Natherland (Miniatur Belanda). Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara terlebih pada hari-hari libur.

Sebagai destinasi wisata yang digemari, pemerintah terus berupaya untuk mempercantik tempat tersebut. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembenahan dan penataan atas Wajah Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Proyek revitalisasi yang meliputi pekerjaan jalan, dan perbaikan drainase ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018. Selain perbaikan jalan dan drainase, Kementerian PUPR juga menata jalur pedestarian, drainase, landscape, bangku taman, halte hingga kolam retensi.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, semua kegiatan revitalisasi harus tuntas dikerjakan pada akhir 2018 ini. Total dana untuk perbaikan wajah kota lama dari APBN mencapai Rp 196 miliar. “Target proyek dengan dana APBN selesai bulan Desember,” ujar Hendrar Prihadi. Selain pekerjaan infrastruktur, wajah kota lama juga nantinya diubah, jauh lebih lebar dibanding saat ini. Lampu penerangan juga lebih terang dan artistik. Advertisment “Penerangan nanti lebih artisitik, Taman Bubakan dirancang lebih bagus lagi, yang di bawahnya nanti ada Polder mini. Jadi di Bubakan gak banjir lagi,” jelas Hendrar.

Terkait banyaknya gedung-gedung tua yang dibiarkan mangkrak, Pemkot Semarang berencana mempertemukan pemilik gedung dengan pelaku bisnis. Gedung tua bisa dipinjam atau dibeli, sehingga dapat dilakukan renovasi untuk dimanfaatkan bagi kepentingan bisnis atau seni budaya, “Diserahkan business to business. Swasta nanti dipertemukan dengan pemilik gedung, ada yang setuju dibeli atau dikontrakkan,” ujarnya.

Kota Lama Semarang diusulkan mejadi salah satu kota pusaka warisan dunia oleh UNESCO pada 2020 mendatang. Demi mendukung itu, pihak pengelola kota lama terbang ke Belanda untuk menyalin dokumen-dokumen terkait Kota Lama. Pemerintah pun mendapat akses untuk menyalin peta asli kota lama. Selain itu, pengelola juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan museum di Delft, dan Museum di Leiden.

Selama proses perbaikan, mungkin anda akan sedikit terganggu saat melewati lokasi tersebut. Untuk menghindari kemacetan pada jam-jam padat ada baiknya anda menghindari jalan sekitara Kota Lama. dengan demikian kita harapkan Kota Lama akan semakin cantik dan indah sertah menarik untuk dikunjungi. Kewajiban kita adalah merawat dan melestarikan agar tetap di dapat dinikmati keindahanya oleh banyak orang.

(WIS)

Facebook Comments