Home Berita Mahfud MD: Muhammadiyah dan NU Pilar Kebangkitan Indonesia

Mahfud MD: Muhammadiyah dan NU Pilar Kebangkitan Indonesia

64
0

TERASJATENG.COM | KENDAL – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan bahwa Muhammadiyah dan NU adalah pilar kebangkitan Indonesia. Hal ini ia sampaikan saat memberikan tausiyah dalam acara Silaturahmi dan Halalbihalal Nahdhatul Ulama dengan Muhammadiyah Kabupaten Kendal di Gedung DPRD Kendal, minggu (15/7).

“NU dan Muhammadiyah itu adalah pilar kebangkitan Indonesia” terang Mahfud dalam tausiyahnya. Lebih lanjut Mahfud menjelaskan bahwa pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1912 memiliki kesadaran yang tinggi akan nasib bangsa Indonesia. Langkah pertama Ahmad Dahlan dalam memperjuangkan rakyat Indonesia diawali dengan petisi tentang pelaksanaan haji dilanjutkan dengan bidang-bidang lainya di Yogyakarta.

Sementara itu, KH Hasyim Asyari pendiri organisasi Nahdhatul Ulama juga berperan sangat besar dalam mengobarkan semangat perjuangan umat islam dan bangsa Indonesia untuk keluar dari penjajahan Belanda.

“Pendiri NU dan Muhammadiyah itu hanya berbagi tugas saja, Ahmad Dahlan menggarap basis modernis di perkotaan Jogjakarta sementara Hasyim Asyari menggarap basis tradisional di Jawa Timur” Jelas Mahfud. Mahfud menambahkan, umat islam memiliki saham terbesar dalam kemerdekaan Indonesia, sehingga umat islam lah tuan rumah di Indonesia ini.

“Jangan merasa menjadi tamu di Indonesia, kita ini tuan rumahnya” tambahnya.

Saat menutup tausiyah Mahfud MD mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama menyanyikan mars Muhammadiyah dan mars NU.

(SBY)

Facebook Comments