Home Berita Kementan: Target 2,3 Juta Sapi Wajib Bunting Tahun Ini

Kementan: Target 2,3 Juta Sapi Wajib Bunting Tahun Ini

48
0

TERASJATENG.COM | JAKARTA – Kementerian Pertanian menargetkan Swasembada daging sekaligus rintisan ekspor ditahun 2022, dan tahun 2045 target Indonesia menjadi Lumbung Pangan Asia.

Sudah diketahui bersama untuk daging ayam Indonesia sudah swasembada. Sedangkan daging sapi terus berupaya untuk mencapainya.

Salah satu program peningkatan jumlah populasi sapi di dalam negeri untuk mencapai swasembada adalah Program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB).

Dikutip dari laman instagram @kementerianpertanian, Kepala subdirektorat (kasubdit) unggas dan aneka ternak ditjen peternakan dan kesehatan hewan Kementan Makmun mengungkapkan, setiap tahun Kementan mengawinkan 3 sampai 4 juta sapi dengan target 2,3 juta sapi wajib bunting tahun ini.

Ditambahkan “saat ini Akseptor (jumlah sapi betina produktif) 3 juta ekor yang bunting. Sedangkan yang di IB (Inseminasi Buatan) sudah 2,2 juta ekor (sekitar 73,8%). Target sapi Yang bunting 2,3 juta ekor yang sudah realisasi 897 ribu ekor. Untuk target kelahiran 1,68 juta ekor, sampai saat ini baru 514 ribu ekor yang terealisasi.

Pola memperbaiki hulu atau indukan ini lah yang terus digencarkan oleh kementan. Sepanjang 2017 kementan telah memberikan IB untuk 3,6 Juta ekor sapi atau 92,27% dari target yang dicanangkan sebesar 4 juta ekor, Pungkasnya

(kml)

(Foto: kupastuntas.co)

Facebook Comments