Home Berita Menengok Kembali Wisata Tinjomoyo

Menengok Kembali Wisata Tinjomoyo

74
0
Suasana Wisata Hutan Tinjomoyo

TERASJATENG.COM | SEMARANG – Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Megunjungi tempat-tempat wisata maupun sekedar jalan-jalan di taman menjadi pilihan untuk menghangatkan rasa kekeluargaan.

Bagi anda warga Kota Semarang, pasti sudah tidak asing dengan Hutan Wisata Tinjomoyo. Tempat yang dulunya Kebun binatang ini merupakan rujukan warga Kota Semarang yang ingin melihat berbagai jenis fauna dan flora dengan suasana hutan yang rindang. Tahun 2007, seluruh hewan dipindah ke lokasi baru di daerah Mangkang Semarang. Kebun Binatang Mangkang berada persis di sebrang Terminal Bus Mangkang.

Waktu itu ada banjir besar di Kaligarang sehingga akses berupa jembatan terputus. Pemerintah Kota Semarang kemudian memutuskan memindahkan lokasi kebun binatang. Kini nama lokasi bekas kebun binatang itu dikenal sebagai hutan wisata Tinjomoyo. Sejak terbengkalai, ternyata masih banyak wisatawan yang datang untuk berfoto di jembatan kayu, jembatan merah atau di sungai. Namun beberapa tahun lalu, jembatan kayu yang mulai lapuk sudah diperbaiki menjadi jembatan beton yang kokoh.

Jembatan kokoh itu merupakan pertanda kalau hutan wisata Tinjomoyo akan dihidupkan kembali. Kegiatan outbond beberapa kali digelar di sana, termasuk sejumlah komunitas yang melakukan kegiatan mereka.  Selain itu ada juga yang melakukan pengambilan foto pre wedding (prewed-red) bagi yang menginginkan suasana taman hutan yang cukup asri dan sejuk.

Lokasi hutan Tinjomoyo merupakan daerah ruang terbuka hijau yang masih menjadi aset Kota Semarang. Total luasnya 57 hektar sehingga masih banyak peluang untuk menggarapnya jadi destinasi wisata. Saat ini akses menuju Tinjomoyo memang belum memiliki petunjuk jalan khusus. Jika ingin ke sana bisa melewati Jalan Karang Rejo samping gedung PLN Jateng-DIY Jatingaleh. Setelah menelusuri jalan dan melewati kampus Unika, belok ke kiri di jalan menurun. Atau bisa dengan membuka google maps dengan kata kunci “JL. Tinjomoyo”.

Suasana sejuk masih bisa dirasakan di sana. Bekas kandang dari beton juga masih bisa terlihat. Hutan wisata Tinjomoyo mungkin bisa menjadi pilihan wisatawan yang penat dengan riuhnya kehidupan kota dan bersantai menghirup udara hutan di tengah Kota Semarang. A11

Facebook Comments