Home Articles 5 Cara Ampuh Cegah Bau Mulut

5 Cara Ampuh Cegah Bau Mulut

88
0
Foto: Cegah Bau Mulut

TERASJATENG.COM – Bau mulut sering menjadi penyebab seseoarang tidak percaya diri untuk berinteraksi dengan lawan bicara. Hal ini menjadi penting kita ketahui penyebab bau mulut dan cara pencegahannya yang selama ini banyak orang tidak menghiraukannya, padahal mudah dan simple sekali caranya.

Pada kolom kesehatan kali ini, Dokter Gigi Muda Mutia Ulfah akan memberikan tips mencegah bau mulut:

Pertama, bau mulut biasa disebabkan akibat kurangnya menjaga kebersihan rongga mulut. Kebersihan rongga mulut yang buruk merupakan tempat yang nyaman untuk bakteri bakteri bersarang. Cara mengatasinya dengan cara rajin menyikat gigi setelah makan dan malam sebelum tidur diketahui efektif menjaga kesebersihan mulut kita dengan efektif.

Kedua, pola makanan yang salah, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berbau seperti petai, jengkol, bawang putih dan durian merupakan penyebab bau mulut sering terjadi cara mudah untuk mengatasinya adalah selain mengurangi makanan diatas bisa dengan berkumur air putih setelah  makan makanan tersebut hal ini dapat menetralisir gas gas sisa makanan tersebut.

Ketiga, karang gigi, sesuai anjuran para dokter gigi bahwa membersihkan karang gigi minimal enam bulan sekali ini disarankan agar kondisi gigi kita terbebas dari penumpukan karang. Kerbayang kan kalau seumur hidup kita belum pernah dilakukan pembersihan karang gigi. Cara mengatasinya mudah sekali dengan melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi keluarga anda terdekat cara ini dapat mengurangi bau mulut.

Keempat, penyakit sistemik atau penyakit yang berhubungan dengan organ dalam tubuh lainya seperti diabetes, penyakit paru, penyakit kelenjar air ludah, penyakit perut serta penyakit paru. Bagi anda yang memiliki penyakit lain di sarankan anda untuk rutin atau melakukan perawatan atas penyakit tersebut dengan penyakit yang terkontrol sehingga dapat mengurangi faktor penyebab bau mulut.

Kelima, pemakaian gigi palsu atau behel, pemakaian alat bantu gigi palsu atau alat ortodontik yang biasa dikenal sebagai behel baik lepasan atupun cekat ini merupakan penyebab bau mulut apabila tidak dibersihkan secara baik. Penyebab bau mulut ini disebabkan oleh sulitnya membersihkan bagian yang digunakan untuk alat tersebut, namun cara pencegahannya mudah sekali dengan membersihkan gigi palsu dengan benar serta menyikat gigi dengan sikat gigi khusus pemakai alat orto atau behel dapat lebih mencegah bau mulut itu terjadi,  bagi anda yang memakai salah satu alat ini harus ekstra membersihkan rongga mulut anda.

Demikian lima cara ampuh cegah bau mulut, menjaga kesehatan rongga mulut menjadi faktor yang penting dalam mengurangi bau mulut. Apabila anda memiliki masalah bau mulut bisa dicoba lima tips diatas agar hari hari anda makin percaya diri dengan tampil bebas dari bau mulut. (A11)

 

 

Facebook Comments