Home Berita Sering Lihat Masjid Kotor? Komunitas Ini Terpanggil untuk Bersih-Bersih Masjid

Sering Lihat Masjid Kotor? Komunitas Ini Terpanggil untuk Bersih-Bersih Masjid

103
0
Relawan dari Komunitas RRM (Resik-Resik Masjid) melakukan giat bersih-bersih di lokasi masjid, Jumat (7/9)

TERASJATENG.COM | KENDAL – Puluhan orang berkumpul di halaman Masjid Al-Hikmah, Paturen, Tangsi, Patean, Kabupaten Kendal, Jumat (7/9).

Bukan tanpa tujuan, komunitas yang tergabung dalam Resik Resik Masjid ini, memang selalu berkeliling dari satu masjid ke masjid yang lain.

Setiap Jumat pukul 07.00, para relawan sudah siap untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di lokasi masjid yang sudah terdaftar dalam list di wilayah kecamatan Sukorejo, Patean, Pelantungan, dan Pageruyung atau sering mereka sebut dengan SP3.

Komunitas Resik Resik Masjid (RRM)

Ditemui di lokasi kegiatan oleh reporter TerasJateng.com, Tommy ketua komunitas Resik Resik Masjid (RRM) ini menyampaikan bahwa kegiatan tersebut rutin dilakukan sepekan sekali setiap hari Jumat, terkadang hari Ahad sesuai dengan permintaan dari takmir masjid.

“Kegiatan ini berawal dari keinginan para anggota untuk melakukan amalan yang istiqomah, sehingga memutuskan memilih untuk bersih bersih masjid, sesuai hadits yang disampaikan oleh Nabi Muhammad,” terang Tommy lebih lanjut menjelaskan awal mula berlangsungnya kegiatan ini.

Tidak hanya membersihkan masjid, Komunitas RRM ini juga selalu memberikan kenang-kenangan kepada Masjid usia mereka membersihkan, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan Masjid, bisa mading, mukena, dsb.

Kegiatan RRM ini berlangsung menggunakan dana swadaya para anggota, bahkan mereka tidak meminta imbalan sepeserpun kepada takmir masjid yang menjadi lokasi kegiatan.

Dalam setiap kegiatan, sehari sebelumnya mereka selalu memasang banner yang memuat hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah “Barangsiapa yang mengeluarkan kotoran dari Masjid maka Allah SWT akan membangunka untuknya rumah di syurga”

Pada kesempatan tersebut, Tommy juga menawarkan jasa suka rela komunitanya guna membersihkan masjid. “Bagi yang berkeinginan masjidnya dibersihkan bisa menghubungi ke nomer 082242592348,” terangnya.
(A5)

Facebook Comments