Home Berita Nggak Gitu-gitu Amat, Kata Peneliti IRE Ini yang Bakal Bikin Desa Cepat...

Nggak Gitu-gitu Amat, Kata Peneliti IRE Ini yang Bakal Bikin Desa Cepat Maju

66
0
Peneliti Institute for Research and Empowerment Dina Mariana, SH

TERASJATENG.COM – Peneliti Institute for Research and Empowerment (IRE) Dina Mariana, SH mengatakan bahwa  mengembangkan desa itu tidak rumit. Hal tersebut disampaikannya dalam diskusi Praktik Kelola Dana Desa yang diselenggarakan Perhimpunan Rakyat Untuk Reformasi Sosial (Progress) di Weleri, Kendal, Selasa (18/9).

“Nggak gitu-gitu amat” pungkas Dina santai saat menjadi narasumber diskusi yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah dan masyarakat tersebut.

Peneliti UU Desa tersebut menjelaskan bahwa kehadiran Dana Desa tidak harus disambut dengan kerumitan membuat rencana pengelolaan dan pelaporan seperti yang dipahami sebagian pejabat pemerintah desa selama ini.

“Harapannya (Dana Desa, ed) bisa dimanfaatkan desa untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di desa selama ini dan memanfaat potensi yang mereka miliki”, tepisnya.

Kemudian Dina membeberkan pengalamannya saat mendampingi pengelolaan dana desa di beberapa daerah. Ia menyimpulkan ada 2 hal penting yang dapat membantu mempercepat pembangunan dan pengembangan desa.

“Ketika desa memiliki mitra dan pemerintah daerah peduli terhadap desa, desa itu bisa berkembang dengan sangat cepat” tandasnya.

(A8)

Facebook Comments