Beranda Berita Serikat PEKKA Gelar Festival KLIK se-Jawa Tengah

Serikat PEKKA Gelar Festival KLIK se-Jawa Tengah

182
0
Salah satu rangkaian Festival KLIK PEKKA se-Jawa Tengah yang digelar di Kendal, Wisuda Akademi Paradhita PEKKA

TERASJATENG.COM | KENDAL – Serikat Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) menggelar Festival Klinik Informasi dan Layanan Konsultasi (KLIK) se-Jawa Tengah, di Pendopo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, Selasa hingga Kamis (18-20/12).

Serangkaian kegiatan Festival tersebut diantaranya refleksi kegiatan PEKKA se-Jawa Tengah, penyusunan rencana tindak lanjut, Wisuda Akademi Paradhita PEKKA, serta Forum Wilayah untuk membentuk kepengurusan baru PEKKA.

Selain itu, Festival KLIK juga diisi dengan Seminar bertajuk Kepemimpinan Perempuan untuk Layanan Strategi Memfasilitasi Komunitas Miskin Memperoleh Layanan Dasar dan Perlindungan Sosial. Dalam seminar tersebut disampaikan capaian dan agenda-agenda program KLIK PEKKA ke depan di Jawa Tengah, serta penyampaian program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS.

“KLIK PEKKA adalah inisiatif untuk menyediakan ruang dan memfasilitasi masyarakat mengkonsultasikan permasalahan layanan dasar dan program Jaminan Kesehatan Nasional dari pemerintah” terang Sri Uyanti salah satu pembicara seminar.

Kabupaten Kendal, lanjut Sri, program KLIK PEKKA tersebut sudah terlaksana di beberapa desa di Kecamatan Weleri dan Patean dan ke depan rencananya akan menjangkau wilayah lain.

Sementara itu, Sekretariat Nasional PEKKA Nunung Nurmaningrum mengatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan kemudahan akses bagi para perempuan kepala keluarga untuk mendapatkan jaminan sosial.

“Kita bangun kemitraan dengan multi pihak termasuk pemerintah, agar dapat meningkatkan akses dan kontrol terhadap pemberdayaan perempuan dan jaminan sosial” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Serikat PEKKA Kabupaten Kendal, Siti Akhidatun berharap dengan adanya Festival KLIK PEKKA se-Jawa Tengah ini akan menjadi pendorong kemajuan perempuan kepala keluarga di Kabupaten Kendal.

“Mudah-mudahan PEKKA Kendal bisa lebih maju dan memberikan kontribusi ke masyarakat luas terutama perempuan kepala keluarga” tandasnya yang juga Ketua Panitia kegiatan ini.

Serikat PEKKA merupakan organisasi massa (ormas) yang beranggotakan perempuan kepala keluarga dari berbagai latarbelakang sosial yang mengharuskan perempuan menjadi tulangpunggung bagi keluarga. Dalam kegiatan kali ini diikuti sekitar 80 anggota PEKKA dari 8 Kabupaten di Jawa Tengah, antaralain Kabupaten Banyumas, Kendal, Pekalongan, Kota Pekalongan, Batang, Brebes dan Pemalang.

(A8)

Facebook Comments