Beranda Berita Lima Ribu Pecinta Alam Siap Tanam Pohon di Gunung Ungaran

Lima Ribu Pecinta Alam Siap Tanam Pohon di Gunung Ungaran

87
0
istimewa

TERASJATENG.COM | SEMARANG- Lima ribu pecinta alam dari SARDA Jateng, KNPI Peduli Jateng dan beberapa komunitas pecinta alam dan lingkungan yang mengatasnamakan diri 1001 Pendaki Tanam Pohon (PTP) Gunung Ungaran akan melakukan aksi tanam pohon di Gunung Ungaran Sektor Promasan (Desa Ngresepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal) Sabtu-Minggu (09-10/2) mendatang. Gerakan tanam pohon pada tahun 2019 ini merupakan yang kelima kalinya.

Ketua Panitia PTP ke 5 Tahun 2019, Nurul Machrudin menuturkan, jika pada tahun-tahun sebelumnya penanaman dilakukan satu sesi serentak di dua titik di waktu yang sama, untuk tahun ini, supaya penanaman maksimal dilakukan dua sesi dengan waktu yang berbeda. Untuk sesi pertama (Tahap pertama) dilakukan di Sektor Promasan (Desa Ngresepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal) Sabtu-Minggu (09-10/2).

Adapun sesi kedua di Sektor Mawar (Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang) Sabtu-Minggu (16-17/2) mendatang. “Kita sudah melakukan kegiatan pra tanam, dengan survey lokasi, pencarian  lahan, pembuatan pasak, pembersihan lokasi tanam dan penyediaan bibit tanaman. Semuanya sudah siap, tinggal kegiatan tanam,” ucap Nurul kepada awak media, Rabu (6/2).

Nurul menjelaskan, kegiatan tanam ini rencananya akan menanam aneka pohon keras dan pohon buah-buahan seperti pohon salam, juet, mangga dan lainya yang sesuai dengan letak ketinggian Gunung Ungaran, yakni; 2.050 meter dari permukaan air laut (MDPL). Menurut Nurul, kegiatan tanam ini tidak sekedar tanam, namun benar-benar menggunakan sistem dan pola tanam yang benar. “Jadi, setelah tanam, nanti ada kegiatan pasca tanam dengan sistem kontrol, pemeliharaan dan penyulaman tanaman jika dijumpai ada bibit yang mati setelah tanam,” ungkapnya.

Ketua Harian SARDA Jateng, Yustninus Perbowo Cahyono mengatakan, jika pada umumnya banyak yang melakukan kegiatan tanam dan tinggal (Tidak ada pemeliharaan dan pengawalan), namun pihaknya menekankan tanam dan rawat. “Dengan kegiatan  tanam yang dilakukan kali ini, diharapkan benar-benar bermanfaat sebagai sabuk gunung atau pelindung tangkapan air di Gunung Ungaran,” harapnya.

Yustinus Perbowo melanjutkan, dalam kegiatan PTP ke 5 ini diperkirakan akan diikuti oleh 5000 relawan. Menurutnya, dalam aksi tanam kali ini ada yang istimewa karena akan disuport dari KNPI Peduli Jateng, DPD KNPI Jateng bersama Organisasi yang tergabung didalamnya. “Kegiatan tahun-tahun sebelumnya bisa mencapai 4000 peserta (Relawan), dengan kehadiran dari teman-teman, sedulur KNPI Jateng akan tambah ramai dan semarak bisa tembus 5000 orang, syukur bisa lebih,” tukasnya penuh optimis.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jateng, Tino Indra Wardono mengaku siap sinergi bareng dan menyuport kegiatan PTP ke 5 yang dikoordinir Pengurus SARDA Jateng bersama organisasi pecinta alam dan lingkungan. “Saya mengajak seluruh pemuda Jawa Tengah untuk ikut berpartisisapi dalam kegiatan tersebut. Menanam itu keren lho gaes! Ayo hijaukan Jawa Tengah, Indonesia. Mari jaga bumi kita dan lingkungan kita,” ajaknya. A3

Facebook Comments