Beranda Berita Dirintis Pelajar, Kedai Gubuk Moe di Pageruyung Kendal Ini Galakkan Kegiatan Literasi

Dirintis Pelajar, Kedai Gubuk Moe di Pageruyung Kendal Ini Galakkan Kegiatan Literasi

204
0
Ngobrol-ngobrol buku Surga di Belakang Rumah Kita di Kedai Gubuk Moe, dalam rangka menggalakkan literasi

TERASJATENG.COM | KENDAL – Dalam rangka menggalakkan semangat literasi, komunitas pelajar di eks Kawedanan Selokaton mengadakan kegiatan Nggombal atau ngobrol-ngobrol mbahas literasi, Ahad (24/2) sore.

Kegiatan tersebut digelar di Kedai Gubuk Moe, Jl. Serma Darsono No.5 Pucakwangi Pageruyung, Kendal. Kedai rintisan para pelajar sebagai media berwirausaha.

Kegiatan kerjasama Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sukorejo, komunitas Mbuku Young Crew, Rumah Hijrah dan Penerbit Media Edents Publika tersebut mengulas buku Surga di Belakang Rumah Kita karya Agus M. Irkham, penulis asal Batang, Jawa Tengah.

Ahmad Fauzi, Ketua penyelenggara mengatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, peringkat ke-60 dari 61 negara. Untuk itu, pihaknya berupaya memfasilitasi kegiatan-kegiatan literasi dengan menggandeng Kedai Gubuk Moe sebagai pusat kegiatan.

“Harapannya kita dapat meningkatkan minat baca kita, semangat literasi, karena dengan membaca kita akan memperkaya ilmu, dan itu tujuan kita,” pungkas Ketua IPM Sukorejo tersebut.

Hadir sebagai narasumber Lailul Muna, Susilo Sudarmanto, personil komunitas Mbuku, yang bergerak dibidang literasi serta Rifqi Khoirul Anam dari Penerbit Media Edents Publika.

Ketiganya mengulas buku dari sudut pandang menanamkan semangat literasi dalam lingkup terkecil masyarakat, yaitu keluarga.

Salah satu pembicara, Lailul Muna memberikan testimoni bahwa buku tersebut merupakan kisah kehidupan Pak Agus (penulis) dalam membersamai kelima anaknya, bersama dengan istrinya.

“Membangun surga di rumah, bersama anak-anak dan istrinya. Surga dalam arti kebahagiaan,” tandas Muna.

Selain digunakan untuk kegiatan nongkrong, bedah buku dan diskusi, Kedai Gubuk Moe juga menyediakan fasilitas perpustakaan gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

(A8)

Facebook Comments