Beranda Berita Kalau Ingin Punya Pemimpin Baik, Umat Islam Jangan Golput

Kalau Ingin Punya Pemimpin Baik, Umat Islam Jangan Golput

77
0
Kajian kebangsaan Pemuda Muhammadiyah Kendal

Kalau Ingin Punya Pemimpin Baik, Umat Islam Jangan Golput

TERASJATENG.COM | KENDAL – Jikalau umat Islam menginginkan memiliki pemimpin-pemimpin baik, maka umat harus ikut memilih. Pernyataan tersebut disampaikan Ustadz H. Aang Kunaepi, M.A, dalam Kajian bertema Ghozwul Fikri dan Kondisi Bangsa Terkini yang diselenggarakan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kendal, di Masjid Al-Ittiba’, Truko Kecamatan Kangkung beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan bahwa orang Islam harus berpolitik. Karena berpolitik adalah kewajiban bagi setiap muslim, baik laki-laki mapun perempuan.  

Anggota Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah tersebut menyebut bahwa apabila ada orang ingin memisahkan antara Islam dan politik, berarti ia belum paham tentang Islam.

“Islam mengatur semua hal. Islam mengatur dari bangun tidur sampai mau tidur, bahkan sampai masuk WC keluar WC diatur, diatur semuanya, begitu juga berpolitik, ada tata caranya,” pungkasnya yang juga Dosen UIN Walisongo Semarang tersebut.  

Maka dari itu, lanjutnya, orang Islam harus berpolitik. Namun harus mencerminkan etika politik yang santun, mempunyai prinsip dan berlandaskan kepada hukum.

“Senang demo kemana-mana tapi tidak mau ikut nyoblos,ini kan standar ganda. Kalau ingin menghasilkan pemimpin-pemimpin yang baik maka harus ikut memilih. Jangan golput” imbuh pria kelahiran Jakarta tersebut.  

Ustadz Aang menambahkan, bahwa umat Islam jangan pernah meninggalkan politik, karena justru nantinya akan menghasilkan keputusan-keputusan yang tidak pro Islam.

Dalam kajian tersebut, ustadz Aang berpesan kepada umat Islam, khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM)  ke depan, agar jangan menjadi pribadi pragmatis yang cara berfikirnya instan dan mudah disetir. AMM harus punya idealisme, namun idealisme yang realistis, jangan juga idealisme yang tidak realistis.

Sementara itu Ketua PDPM Kendal, Ahmad Sulkhan mengatakan pentingnya memahami perang pemikiran dan kondisi bangsa saat ini, terutama bagi generasi muda. Pihaknya berharap dengan kajian ini, AMM lebih mampu berperan aktif dalam ranah kebangsaan.

“PDPM Kendal akan senantiasa ikut berperan dalam gerakan Dakwah Islam, Amar ma’ruf Nahi Munkar, dan juga berperan ranah kebangsaan sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenarnya” tandas Sulkhan.

(A8)

Facebook Comments