Beranda Berita Edukasi Lingkungan Sejak Dini, SD IT Muhammadiyah Truko Ajak Siswa Tanam Mangrove

Edukasi Lingkungan Sejak Dini, SD IT Muhammadiyah Truko Ajak Siswa Tanam Mangrove

215
0
Siswa SD IT Muhammadiyah Truko, Kangkung, Kendal menanam mangrove

TERASJATENG.COM | KENDAL – Dalam rangka mengisi kegiatan jeda semester, siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Muhammadiyah Truko, Kendal melakukan penanaman 1000 bibit mangrove, di kawasan pantai di Kelurahan Mangunharjo, Mangkang Kulon, Semarang, Kamis (14/3).

Kegiatan tersebut digelar untuk mengedukasi anak-anak akan pentingnya peduli lingkungan. Acara yang bekerjasama dengan Biota Foundation dan Forum Komunikasi Kader Konservasi Alam Indonesia (FK3I) Jawa Tengah ini diikuti 80 siswa, beserta wali kelas dan guru pendamping.

Salah satu guru pendamping, Khairul Ummah mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya sekolah, untuk mendidik anak sejak dini, memperkenalkan anak pada pentingnya lingkungan hidup untuk mencegah terjadinya bencana.

“Bermula dari materi penanganan bencana yang diajarkan di kelas, kemudian anak-anak diajarkan gimana cara mereka tahu salah satu cara mencegah bencana, yaitu dengan menanam mangrove,” pungkas pengajar bahasa inggris tersebut.

Manfaat mangrove sangat banyak, lanjut Khairul. Salah satunya dapat mengurangi abrasi. Selain itu, mangrove juga bisa jadi rumah untuk biota laut.

Setiap tahun, SD IT Muhammadiyah Truko menggelar kegiatan jeda semester. Selain penanaman mangrove, juga digelar kegiatan lain, seperti kunjungsan ke produksi madu lebah di Gringsing, Bersih-bersih pantai di sepanjang Pantai Jodoh, Batang, serta kunjungan ke Kantor DPRD Kendal.

“Kita juga melakukan kunjungan ke Polres Kendal, guna memperkenalkan anak-anak dengan polisi biar tidak takut,” imbuh Khairul.

(A8)

Facebook Comments