Beranda Berita Gelar Seminar, IKCC Edukasi Pasien Ginjal Kronik

Gelar Seminar, IKCC Edukasi Pasien Ginjal Kronik

100
0
Seminar Awam Sayangi Ginjalmu yang diselenggarakan Indonesia Kidney Care Club

TERASJATENG.COM | SUKOHARJO – Yayasan Sayang Ginjal Indonesia atau Indonesia Kidney Care Club (IKCC) menggelar kegiatan seminar awam bertajuk Sayangi Ginjalmu di Aula Rumah Sakit Universitas Negeri Surakarta (RS UNS), Ahad (31/3).

Seminar tersebut dihadiri puluhan peserta dari pasien penderita ginjal kronik, keluarga pasien, paramedis serta pemerhati penyakit ginjal kronik. Sementara narasumber kegiatan tersebut dihadirkam dokter spesialis penyakit dalam dan ahli gizi dari RS UNS, yakni dr. Evi Liliek Wulandari Sp.PD, M.Kes dan Asyari Mia Lestari, S.Gz.

Salah satu narasumber, Asyari Mia, S.Gz menjelaskan bahwa penderita ginjal kronik yang menjalani hemodialisis (cuci darah) seringkali mengalami penurunan nafsu makan. Namun di sisi lain, ada berbagai jenis makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi. Untuk itu, pasien maupun keluarga perlu mengetahui makanan mana yang harus dikonsumsi.

Selain memberi tips-tips diet untuk pasien ginjal, Asyari dalam seminar tersebut juga memberi arahan pada pasien.

“Motivator terbaik adalah diri kita sendiri, bukan berdasarkan orang lain. Yakinlah dirimu pasti bisa,” tandasnya.

Sementara itu, penyelenggara seminar, Anggie mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini ialah dalam rangka memberikan edukasi dan motivasi kepada pasien serta masyarakat awam.

“Menjadi sarana informasi, edukasi dan konsultasi pasien ginjal atau masyarakat awam yang peduli terhadap kesehatan ginjal,” pungkasnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Anggie, IKCC berharap para tenaga medis beserta IKCC dapat bersama-sama memberikan dukungan baik secara fisik maupun mental kepada para pasien ginjal.

IKCC merupakan sebuah yayasan yang didirikan oleh para pasien penyakit ginjal kronik (PGK), keluarga pasien serta pemerhati kesehatan pada 5 Mei 2004 lalu. Yayasan ini dibentuk untuk mewadahi seluruh masyarakat Indonesia yang peduli pada kesehatan ginjal.  

(A8)

Facebook Comments