Beranda Berita Bupati Kendal Berharap Masyarakat Satu Visi Bangkitkan Minat Baca Anak

Bupati Kendal Berharap Masyarakat Satu Visi Bangkitkan Minat Baca Anak

78
0
Sekda Kendal, Moh. Toha, ST., M.Si mewakili Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si memberikan sambutan Seminar Perpustakaan

Terasjateng.com | Kendal – Di tengah semakin menurunnya minat baca dan penggalakan literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kendal menggelar Seminar Perpustakaan di Mahogany Room Hotel Sae Inn, Kendal, Kamis (25/7).

Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si mengharapkan kegiatan ini dapat menyatukan visi dan persepsi untuk membangkitkan minat baca anak-anak, masyarakat segala lapisan dan profesi, atau masyarakat umum.

“Saya mengajak kepada tenaga pendidik/guru dan semua pihak, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar kedepan masyarakat paham dan mengerti tentang membiasakan membaca, untuk meningkatkan sumber daya manusia yang handal dalam persaingan di era saat ini,” pungkasnya dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Moh. Toha, ST, M.Si.

Kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, bertujuan untuk memperkuat peran dan fungsi perpustakaan, agar tidak hanya sekedar tempat penyimpanan buku dan peminjaman buku, akan tetapi dapat menjadi tempat pembelajaran sepanjang hayat dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam seminar yang dihadiri guru PAUD/KB, TK, SD, SMP, SMA, pengurus perpustakaan desa serta para relawan perpustakaan di seluruh Kabupaten Kendal tersebut, Sekda M. Toha mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kendal untuk membiasakan gemar membaca, dengan dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Tidak ada satupun daerah yang maju sepanjang sejarah, dan tidak ada peradaban yang terhebat sekalipun kecuali karena masyarakatnya gemar membaca. Kalau ingin Kendal maju dengan segala kualitasnya, maka kuncinya adalah dengan membaca,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kendal, Ir. Diah Aning Budiarti mengatakan, masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang mau terus belajar seumur hidupnya.

 “Karena itu, mari terus kita galakkan gemar membaca kepada masyarakat melalui perpustakaan, dengan meningkatkan fasilitas-fasilitas layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tanamkan pendidikan karakter sejak dini seperti membiasakan anak-anak kita untuk membaca, karena dengan membaca kita bisa membuka cakrawala dan melihat dunia,” ajaknya.

(TJ/B3)

Facebook Comments