Beranda Berita Siswa SMK Muhammadiyah 1 Weleri Adakan Pelatihan Menulis Resensi

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Weleri Adakan Pelatihan Menulis Resensi

116
0
Pelatihan Menulis Resensi siswa SMK Muhammadiyah 1 Weleri

TERASJATENG.COM | Kendal — Dalam rangka meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Weleri mengadakan Pelatihan Menulis Resensi Buku, Ahad (13/10) kemarin.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta tersebut, mengundang penulis sekaligus instruktur literasi asal Kabupaten Batang, Agus M. Irkham sebagai narasumber.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Weleri, Abdul Wahid Dadong Wartomo, S.Pd.I dalam sambutannya mengungkapkan bahwa laju dari informasi di dunia ini luar biasa cepat dan luar biasa banyak. Mulai dari yang fakta sampai yang hoax.

Lebih gawatnya lagi, Indonesia termasuk negara yang tingkat literasinya rendah, sehingga seringkali informasi yang datang, oleh masyarakat dimakan mentah-mentah.

Hal itu menjadi kekhawatirannya terhadap masa depan bangsa ini. Ia mengajak siswa-siswinya untuk menjadi pribadi yang suka membaca melalui berbagai kegiatan literasi sekolah.

“Kamu akan menjadi manusia yang bodoh (ed), tidak tahu apa-apa, ketika tidak pernah mencari informasi. Jangan biarkan informasi datang sendiri, kejar dan raih informasi itu. Kalo mau jadi makhluk berkualitas, membaca,” pungkasnya.

Sementara itu, Linda Amalia, Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KIR.

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan yang telah dilakukan KIR yaitu pelaksanaan membaca buku selama seminggu, yang dilakukan dua minggu lalu. Pekan selanjutnya kita melakukan review buku secara lisan dan pada hari ini kita berlatih menulis resensi,” terang siswi kelas XII Akuntansi tersebut.

Diharapkan, lanjut Linda, kita bisa bersama-sama berlatih menulis resensi dari sebuah buku secara baik dan benar, sesuai prosedur. Kedepannya, semoga mampu meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar, yaitu meningkatkan minat membaca buku, serta kemampuan berkarya dalam bentuk tulisan.

(TJ/B3)

Facebook Comments