Beranda Berita Dilatih Wirausaha Sejak Dini, Siswa SDIT Ulul Albab Weleri Bisa Untung Jutaan...

Dilatih Wirausaha Sejak Dini, Siswa SDIT Ulul Albab Weleri Bisa Untung Jutaan Rupiah dalam Sehari

475
0
Aktivitas jual beli dalam kegiatan Market Day SDIT Ulul Albab Weleri

TERASJATENG.COM | Kendal – Ratusan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ulul Albab Weleri, Kendal tumpah ruah di halaman sekolah. Tampak dengan penuh semangat, anak-anak saling menawarkan produk dagangannya.

“Yuk dibeli, mas,” pungkas salah satu siswa penjaga stand bazar.

Dalam rangka melatih siswanya berwirausaha, SDIT Ulul Albab Weleri mengadakan kegiatan Market Day, Jum’at (8/11) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan siswa dari kelas 4, 5 dan 6 dengan berjualan aneka produk jajanan dan souvenir. Diantaranya nasi goreng, es lilin, es milo, lotis, piskopyor, sate kojek, bakso bakar, martabak mini, puding, serta aneka kerajinan. Produk yang dijual tersebut, dipatok harga maksimal Rp 3ribu.

Pembelinya tidak hanya guru dan siswa lainnya, melainkan juga wali murid yang juga datang meramaikan kegiatan tersebut.

Kepala SDIT Ulul Albab, Mufarih, A.Ma mengatakan bahwa untuk kegiatan tersebut, para siswa diberikan modal Rp 400 ribu setiap kelas, yang kemudian dipercayakan kepada 8-9 anak untuk mengelola modal tersebut.

“Alhamdulillah untuk laba saja, anak-anak mendapatkan 4,5 juta rupiah,” pungkasnya pada Terasjateng.com.

Kegiatan tersebut, lanjut Mufarih, bertujuan untuk melatih anak bagaimana berwirausaha sejak dini, berdagang dan mencari rezeki dengan cara yang baik sesuai yang dicontohkan baginda Rasulullah Muhammad Saw.  

“Ini kita tanamkan dengan harapan ketika anak-anak ini nanti dewasa, bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di SDIT, sehingga ketika terjun ke masyarakat anak-anak punya modal serta mental untuk berwirausaha,” tandas pria asal Jepara, tersebut.

Selain bazar jajanan, kegiatan Market Day juga dimeriahkan dengan hiburan nasyid serta serangkaian kegiatan perlombaan, diantaranya lomba tahfidz dan lomba menulis cerita riwayat hidup Rasulullah.  

Sementara itu, Zubaidah, wali murid sangat mendukung kegiatan Market Day tersebut. Ia menuturkan kegiatan ini memiliki banyak dampak positif kepada anak.

“Bagus, soalnya untuk menanamkan jiwa kewirausahaan, disini untuk melihat bakat kemandiriannya juga, dengan berjualan,” tuturnya.

(B3/TJ)

Facebook Comments