26 C
Semarang
Sunday, April 18, 2021

Gibran Ijinkan Jualan Takjil Depan Rumah Dinas, Ini Harinya..

TERASJATENG.COM | Solo - Ada pemandangan tidak biasa di Loji Gandrung yang sebagai rumah dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Pasalnya, di bulan...

Pemkab Kendal Raih Sertifikat Eradukasi Frambusia Dari Kemenkes RI

Baca Juga

TERASJATENG.COM | Kendal – Pemerintah Kabupaten Kendal berhasil meraih Penghargaan berupa “Sertifikat Eradikasi Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI. Pemberian penghargaan tersebut digelar di Gedung Suyudi Kemenkes di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Pemkab Kendal, merupakan salah satu dari tujuh Kabupaten/Kota di Indonesia yang terpilih dalam Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kusta dan Frambusia yang dilaksanakan oleh Sub Direktorat Kusta dan Frambusia P2PML Ditjen P2P.

Dalam acara Pertemuan Integrasi Evaluasi, Validasi Data, Perencanaan dan Pemberian Sertifikat Eliminasi Kusta dan Eradikasi Frambusia, di Kantor Kementerian Kesehatan RI Pemkab Kendal termasuk dari tujuh Kabupaten/Kota yang terbaik se-Indonesia.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk mensosialisasikan kebijakan dan upaya program agar Eliminasi Kusta tingkat Provinsi, yang diikuti dengan eliminasi kusta tingkat kabupaten/kota.

“Melalui Pertemuan Integrasi Sosialisasi Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kusta dan Frambusia yang dilaksanakan oleh Sub Direktorat Kusta dan Frambusia P2PML Ditjen P2P, sehingga Eradikasi Frambusia dapat tercapai dengan baik,” kata Menkes Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay menjelaskan, Pemkab Kendal melalui Wakil Bupati Kendal, hari ini menerima penghargan Eradikasi Frambusia bersama delapan kabupaten/kota se-Indonesia.

“Penghargan ini kita dapat, karena Kendal dinilai berhasil melakukan eradikasi frambusia atau sakit pantek dalam lima tahun terakhir. Ini berdasarkan survey dan pengamatan serta penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” jelas Ferinando di Jakarta.

Sementara itu, Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki merasa bersyukur atas pencapain Kabupaten Kendal dalam menekan angka penyakit kusta dan frambusia.

“Saya tekankan disini, hasil yang dicapai, dibutuhkan keterlibatan dan komitmen yang kuat dari seluruh sektor mulai dari tingkat desa, kabupaten, provinsi dan peran serta masyarakat untuk mencapai eliminasi kusta di tingkat kabupaten/kota dan eradikasi frambusia di Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, pencapaian ini didapat atas peran serta semua pihak dan masyarakat Kabupaten Kendal, dalam menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kebersihan yang dimaksud, disamping lingkungan juga di dalam rumah. Seperti sanitasi yang memadai, minum air bersih, dan memastikan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah, terutama ke daerah yang lembap.

“Selain itu dalam mencegah, penggunaan masker juga sangat membantu untuk mencegah tertular virus lepra, apabila kita sedang kontak langsung dengan penderita,” pungkasnya.

(TJ/Zam)

- Google Advertisement -
- Advertisement -

Berita Lainya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Google Advertisement -

Berita Terbaru